Select Page

Kapolda Bengkulu Pertama Putra Daerah yang Digadang Maju Pilgub

Kapolda Bengkulu Pertama Putra Daerah yang Digadang Maju Pilgub

Kawalnews.com – Brigader Jenderal Polisi Supratman, lahir di Bengkulu 29 Juni 1962 adalah satu-satunya putra asli Bengkulu yang pernah menduduki jabatan sebagai Kepala Kepolisian Daerah Bengkulu dalam sejarah. Perwira tinggi Polri yang menjabat Kapolda Bengkulu sejak 22 Januari 2019 ini menggantikan Brigjen Pol Coki Manurung yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Bengkulu, untuk kemudian dipromosikan ke bintang dua dengan pangkat Inspektur Jenderal Polisi di Widyaiswara Utama Sespim Polri.

Supratman adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1987 dan berpengalaman dibidang lalu lintas. Sebelum menjabat sebagai Kapolda Bengkulu, Supratman meraih bintang satu ketika menjabat sebagai Wakapolda Jawa Barat.

Dilansir dari sumber Wikipedia.org, Supratman menyelesaikan studi Sekolah Dasar di Bengkulu, SMP dan SMA juga di Bengkulu. Kemudian, jenjang karir di Kepolisian diikuti secara bertahap mulai dari Akpol, PTIK, Sespim hingga Sespati.

Jabatan di Kepolisian dimulai dari menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Bengkulu Selatan, kemudian Kasat Lantas Polres Bengkulu, Kasat Lantas Polres Jambi.

Karirnya terus memuncak hingga menjabat sebagai Wakapolres Jombang, Wakapolres Mojokerto. Dilanjutkan dengan jabatan sebagai Kabag Regident Dit Lantas Polda Lampung, kemudian Kabag Ops Polwiltabes Bandung dan Kapolres Bandung.

Karirnya kemudian berlanjut sebagai Wakapolwil Prianga, Widyaswara Muda Sespim Polri, Kaden A Hartib Pusprovos Div Propram Polri, Pamen SDE SDM Polri dan Analis Kebijakan Madya bidang Provos Divpropam Polri dilanjutkan sebagai Kabid Propram Polda Jawa Barat.

Tak sampai disitu, Supratman kemudian berlanjut ke jabatan Analis Kebijakan Madya bidang Sespimmen Sespim Polri, Kayanma Polri dan Widyaiswara Madya Sespim Polri.

Dibidang intelijen, Supratman dipercaya sebagai Direkonomi Baintelkam Polri dan berlanjut sebagai Wakapolda Jawa Barat pada tahun 2017.

Maju pilkada gubernur

Dalam beberapa bulan terakhir, Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Supratman digadang akan maju pada pilkada gubernur di Bengkulu 2020 nanti. Kabar itu dibenarkan oleh beberapa pihak. Meski Supratman belum secara terang menyatakan niatnya, namun sinyal Supratman akan maju pada pilkada gubernur 2020 semakin kuat. Saat ditemui media ini dalam wawancara singkat, Kapolda Supratman mengaku fokus pada tugasnya sebagai Kapolda Bengkulu. Sementara terkait pilkada gubernur, Supratman tidak menyangkal adanya dukungan agar dia maju ke BD 1.

Pasangan Supratman

Selain diisukan akan maju di pilgub 2020, Supratman juga digadang akan berpasangan dengan tokoh Rejang sebagai calon wakilnya nanti. Siapa?. Masyarakat menyebutkan Ferry Ramli yang akan mendampinginya. Selain nama Ferry Ramli, nama Helmi Hasan juga masuk dalam prediksi beberapa pengamat yang akan mendampingi Supratman.

Pengamat politik dosen Unib Mirza Yasben sebelumnya pernah berujar, bahwa politik elektoral di Bengkulu masih mengharuskan calon kepala daerah harus mengkombinasikan kekuatan suku. Jadi sangat mungkin Supratman nantinya akan menggandeng tokoh dari Rejang, atau bisa jadi tokoh dari Jawa yang dianggap memiliki basis kuat, khususnya di daerah transmigrasi yang tersebar hampir di semua kabupaten di Provinsi Bengkulu.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *