Home DAERAH Badan Pusat Statistik Gelar Rapat Teknis Menuju Sensus Penduduk 2020

Badan Pusat Statistik Gelar Rapat Teknis Menuju Sensus Penduduk 2020

by redaksi redaksi

Kawalnews.com – Rapat teknis antar Pimpinan Badan Pusat Statistik (BPS) se-Provinsi, Senin (09/2019/2019) berlangsung di Grage Horizon Kota Bengkulu. Pertemuan tersebut guna membahas persiapan BPS menuju sensus penduduk 2020.

Dilansir dari Bengkulutoday.com seperti disampaikan Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Dyah Anugrah Kuswardani, mengatakan, tingkat keberhasilan sensus penduduk menuju satu data ditentukan kontribusi BPS daerah se-Provinsi Bengkulu.

“Kita mengajak semua Kepala BPS, guna berkontribusi, koordinasi menyambut sensus penduduk tahun depan,” kata Dyah.

Menurutnya, keberhasilan sensus penduduk sangat diharapkan, melihat data kependudukan adalah nilai penting dari aspek apapun.

“Dengan sensus, kita bisa melihat data kemiskinan, pendidikan, nilai ekonomi, dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadi patokan serta akomodir peningkatan pembangunan di Indonesia. Maka dari itu, kerjasama antar lembaga dalam proses sensus nantinya juga menjadi harapan bagi kami untuk mengumpulkan data penduduk di Bengkulu,” ujar Dyah.

Sambungnya, tingkat keberhasilan sensus ditentukan oleh kontribusi dan pengumpulan data dari BPS daerah, “peran BPS Provinsi hanya 30 persen, dan BPS daerah 70 persen. Untuk itu kita matangkan prosedur sensus dan persiapannya,”kata Dyah.

Dyah juga menyampaikan, melakukan sensus penduduk pada 2020 akan menggunakan metode kombinasi antara metode digital dan kertas. Dengan menggunakan digital masyarakat dapat memperbaharui data melalui situs web yang pasword atau tokennya disediakan BPS.

“Sensus Penduduk akan dilaksanakan sekitar 15 Februari hingga 31 Maret 2020 melalui website www.sensus.bps.go.id. Kami meminta agar semua masyarakat terlibat aktif dalam sensus ini,” pungkas Dyah.

You may also like

Leave a Comment