Home DAERAH Gelar Paripurna, Plt Walikota Sampaikan Raperda Pemkot Bengkulu Mengenai APBD Anggaran 2021

Gelar Paripurna, Plt Walikota Sampaikan Raperda Pemkot Bengkulu Mengenai APBD Anggaran 2021

by redaksi redaksi

Kawalnews.com –┬áPemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu dalam hal ini Plt Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi sampaikan pengantar nota keuangan Raperda Pemkot Bengkulu tentang APBD tahun anggaran 2021.

Penyampaian nota pengantar ini disampaikan langsung oleh Plt Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Bengkulu yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Bengkulu pada Selasa (24/11).

Dalam nota pengantar ini, Dedy Wahyudi membacakan secara rinci anggaran yang akan diolah pada tahun 2021 mendatang agar bisa dicermati oleh anggota DPRD Kota Bengkulu demi kesempurnaan Raperda ini.

Dedy menyampaikan, bahwa rancangan tentang APBD tahun anggaran 2021 ini merupakan salah satu bagian dari siklus keuangan daerah sebagaimana diatur dalam Permendagri nomor 13 tahun 2006 tentang pedoman pengwlolaan keuangan daerah sebagaimana diubah dalam Permendagri nomor 21 tahun 2011 tentang perubahan kedua atas Permendagri nomor 13 tahun 2006 serta Permendagri nomor 24 tahun 2020 tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2021.

“Rancangan APBD tahun anggaran 2021 ini memuat rangka kebijakan publik yang memuat hak dan kewajiban Pemerintah Daerah serta masyarakat yang tercermin dalam Pendapatan Daerah, Belanja Daerah maupun pembiayaan daerah,” Sampai Dedy.

Hal ini berarti, lanjut Dedy, penentuan kebijakan prioritas serta kebijakan alokasi anggaran berorientasi pada kebutuhan publik.

Adapun proses perancangan anggaran diharapkan mampu menampung dan mengakomodir berbagai aspirasi dan inisiatif masyarakat, karena penyusunan rancangan APBD tahun anggaran 2021 ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi ketentuan Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

Sebagaimana telah diubah terakhir denhan Undang-Undang nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang perubahan tentang pemerintah daerah yang mengamanatkan kepada Pemerintah Daerah untuk Raperda tentang APBD kepada DPRD untuk dibahas dan disetujui bersama menjadi Perda. (Ambo/GJ)

You may also like

Leave a Comment