Selamat Datang Wonderful Bengkulu 2020

by redaksi redaksi
0 comment

Pemerintah Provinsi Bengkulu telah mencanangkan tahun 2020 ini sebagai tahun kunjungan wisata. Kebijakan ini tentu saja dengan pertimbangan yang matang.

Provinsi Bengkulu yang terletak di pantai barat menyimpan berbagai macam pesona, baik dari sisi keindahan alam, flora endemik, sejarah bangsa, kebudayaan dan juga kuliner.

Dalam RPJMD Provinsi Bengkulu 2016-2021, pengembangan pariwisata merupakan salah satu program prioritas yang diwujudkan melalui Visit 2020 Wonderful Bengkulu. Beberapa aspek yang akan dikembangkan diantaranya penataan ruang pariwisata, pengembangan destinasi wisata, penguatan kelembagaan pariwisata, pengembangan pemasaran pariwisata dan industri
pariwisata.

Pengembangan pariwisata di Provinsi Bengkulu selama ini masih belum merata di seluruh kabupaten, masih banyak potensi wisata di kabupaten yang belum tergali karena keterbatasan anggaran pengembangan dari pemerintah. Lokasi wisata yang pengembangannya sudah cukup baik terdapat di Kota Bengkulu, Kabupaten Rejang Lebong dan Kepahiang.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh D. O. Saputri, Z. Ta’alidin dan A. Prihatiningrum mengenai klasifikasi daya tarik unggulan Provinsi Bengkulu sebagai upaya menyongsong Visit 2020 Wonderful Bengkulu, secara umum potensi daya tarik wisata masih belum diimbangkan oleh kondisi aksesibilitas maupun fasilitas/amenitas yang memadai. Dari 33 daya tarik wisata yang diteliti se-Provinsi Bengkulu, terdapat 12 daya tarik wisata yang memiliki indeks kelayakan diatas 66,6 persen.

  • Sektorsektor Pendukung Pariwisata

Berdasarkan hasil survei wisatawan nusantara yang dilakukan BPS pada tahun 2018, jumlah perjalanan wisatawan nusantara asal dan tujuan provinsi Bengkulu adalah sebanyak 2.018.556 kali dan 2.154.928 kali. Sebaran wisatawan nusantara yang melakukan perjalanan tujuan Provinsi Bengkulu menurut jenis kegiatan yang dilakukan sebagian besar adalah wisata kota danpedesaan (47,63 persen), wisata bahari (18,98 persen) dan obyek wisata terintegrasi (12,93 persen).

Pengembangan pariwisata bukan hanya sekedar membangun tempat wisata, tetapi juga membangun sektor-sektor yang mendukung pariwisata seperti akomodasi, transportasi dan juga industri kreatif. Hingga awal tahun 2019, jumlah hotel berbintang di Provinsi Bengkulu sebanyak 10 hotel dan hanya ada di Kota Bengkulu. Hal ini tentu saja kurang memberi pilihan bagi wisatawan untuk memilih akomodasi di wilayah kabupaten. Sedangkan untuk hotel non bintang sebanyak 174 unit tersebar di seluruh kabupaten/kota.

Pada tahun 2018, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang sebesar 58,91 persen. Ini berarti bahwa rata-rata jumlah kamar yang dipakai setiap malam pada seluruh hotel berbintang di Provinsi Bengkulu selama 2018 sebesar 58,91 persen. Sedangkan untuk rata-rata lama menginap tamu pada tahun 2018 mencapai 1,43 hari.

  • Wonderful Bengkulu 2020

Ibarat orang jualan, promosi merupakan salah satu kegiatan yang cukup penting. Oleh karena itu, pemerintah provinsi Bengkulu terus menggalakkan promosi pariwisata baik di tingkat nasional maupun internasional. Promosi dilakukan dengan mengikuti event, melalui media internet dan menyelenggarakan berbagai macam event. Target utama untuk tahun kunjungan wisata adalah wisatawan nusantara.

Harapannya, apabila wisatawan nusantara merasa aman, nyaman dan menikmati pesona provinsi Bengkulu, maka berita bagus ini akan menyebar baik dari mulut ke mulut maupun viral di media sosial. Dengan demikian, akan menarik wisatawan yang lain untuk datang ke provinsi Bengkulu, baik wisatawan nusantara maupun manca negara. Dan tidak memungkinkan untuk wisatawan yang pernah datang ke provinsi Bengkulu akan datang lagi suatu
waktu nanti.

Berbagai macam event telah dilaksanakan di provinsi Bengkulu selama tahun 2019, sebagai ‘warming up’ untuk puncak kegiatan di tahun 2020. Event yang sama akan dilaksanakan pada tahun 2020 dengan acara yang lebih banyak dan meriah. Beberapa event masuk dalam kalender nasional Kementerian Pariwisata, salah satunya adalah Festival Tabut.

Beberapa event yang akan dilaksanakan dalam rangka Wonderful Bengkulu 2020 antara lain :

1. Sport Tourism of Bencoolen, yang akan dilaksanakan di Pantai Panjang Bengkulu pada bulan Juni 2020. Merupakan rangkaian kegiatan olahraga dalam mendukung Wonderful Bengkulu 2020, yaitu off road, triathlon, city run, menembak, panahan dan motor trail.

2. Festival Bumi Rafflesia, akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020 di Sport Center, Bengkulu. Festival ini akan diisi dengan atraksi dol, festival seni dan budaya, festival kopi Bengkulu, festival ayam burgo dan Bengkulu berdendang.

3. Festival Tabut, akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2020 di lapangan Merdeka, Bengkulu. Festival akan diisi dengan pagelaran seni dan budaya, prosesi ritual tabut, lomba ikan-ikan, lomba telong-telong dan lomba tokok dol.

4. Bencoolen International Marine Festival, akan dilaksanakan pada bulan September 2020 di Benteng Marlborough dan Pulau Enggano. Festival akan diisi dengan acara konferensi kopi Bengkulu, seminar internasional, Marlborough lifht show, art and culture festival, lomba mancing, festival kuliner laut dan gowes pulau Enggano.

5. Festival Pesisir Pantai Panjang, akan dilaksanakan pada bulan November 2020 di Sport Center, Bengkulu. Acara yang akan digelar pada festival ini adalah pasar rakyat, Bengkulu expo, festival kopi Bengkulu, festival kuliner pangan lokal serta lomba surfing dan voli pantai.

Selain event yang dipusatkan di Kota Bengkulu, di seluruh kabupaten di provinsi Bengkulu juga diselenggarakan berbagai festival untuk mendukung suksesnya Wonderful Bengkulu 2020. Dengan demikian, potensi dari masing-masing daerah akan semakin dikenal masyarakat di luar Provinsi Bengkulu.

Perkembangan wisata yang begitu pesat menjadi salah satu penyumbang pendapatan nasional maupun daerah. Setiap daerah berlomba-lomba untuk menarik wisatawan sebanyak-banyaknya dengan menawarkan berbagai keindahan, keunikan dan juga kemudahan akses serta fasilitas. Pemerintah daerah tentu saja tidak bisa bergerak sendiri, perlu dukungan dari masyarakat agar program wisata yang dicanangkan dapat berjalan dengan baik. Diperlukan ide-ide kreatif dan juga saran-saran yang membangun dari masyarakat agar wisata yang sudah terbangun tidak terkesan monoton atau stagnan.

Memasuki era industri 4.0, penggunaan sistem aplikasi berbasis internet mulai masif. Berbagai aplikasi berbasis internet banyak dibangun sehingga semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi di semua sektor, tak terkecuali sektor pariwisata.

Dalam mendukung Wonderful Bengkulu 2020, pemerintah Provinsi Bengkulu berupaya untuk memudahkan akses informasi pariwisata dengan melakukan digitalisasi informasi pariwisata Bengkulu. Untuk mendorong percepatan proses digitalisasi informasi pariwisata Bengkulu, pemerintah bekerja sama dengan beberapa pihak menyediakan sarana jaringan internet di beberapa titik strategis di 10 kabupaten/kota, khususnya obyek wisata. Diantaranya 23 titik akses internet di obyek wisata Kota Bengkulu, 8 titik di obyek wisata kabupaten, 6 titik di pulau Enggano dan 14 titik akses internet di publik area yang tersebar di 9 kabupaten.

Tahun 2020, pemerintah Provinsi Bengkulu terus berupaya untuk membangun dan memperbaiki sarana prasarana, akses informasi dan fasilitas pendukung pariwisata lainnya. Dukungan masyarakat sangat diharapkan agar salah satu program prioritas ini dapat berjalan dengan sukses. Sinergi antara pemerintah dan masyarakat mutlak diperlukan demi suksesnya gelaran Wonderful Bengkulu 2020.

You may also like

Leave a Comment