Pemkab Lebong Peringati HPSN di Pasar Rakyat Terminal Muara Aman

by redaksi redaksi
0 comment

Kawalnews.com, Lebong- Pemerintah kabupaten Lebong memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Kegiatan tersebut berlangsung di pasar rakyat terminal, muara aman, pada hari senin (21-02-2022).

Bupati Lebong, Kopli Ansori yang didampingi Wabup Drs. Fahrurrozi M.Pd, dalam kegiatan tersebut mengatakan pentingnya hidup bersih terlebih kebersihan terhadap diri sendri dan lingkungan sekitar serta menerapkan cara hidup bersih, sehat dengan mengedepankan kearipan lokal terkait persampahan.

“Saya mengajak semua masyarakat peduli terhadap sampah, membuang sampah pada tempatnya. Kepada jajaran Pemerintahan Kabupaten Lebong untuk menumbuhkan kepedulian dan meningkatkan kembali kesadaran terhadap persampahan yang ada di Kabupaten Lebong. Terkait masalah merupakan tanggung jawab kita secara bersama – sama. Mudah – mudahan dengan meningkatkan kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya, maka sampah yang tadinya dapat membawa dampak negatif bisa terkelola dengan baik. Sebenarnya sampah bisa kita kelola serta kita manfaatkan dengan baik apabila sudah tumbuh kesadaran dari diri sendiri dan sadar akan pentingnya hidup sehat serta menjaga kebersihan terhadap lingkungan” Ujar Bupati Kopli.

Sementara itu, pelaksanaan tugas (Plt) Kepala dinas lingkungan hidup (DLH) kabupaten Lebong, Indra Gunawan S.P.i M.S.i dalam sambutannya menyampaikan bahwa, sampah adalah masalah yang sangat serius dan perlu ditangani dengan tepat, baik pengolahan maupun pemanfaatannya, untuk pengolahan sampah yang optimal memerlukan peran serta dekungan dari semua lapisan masyarakat, sedangkan untuk pemanfaatan sampah itu sendiri diperlukan berbagai gagasan, ide, kretifitas melalui inovasi yang bernilai ekonomis, namun pengolahan sampah ini tidak akan pernah berhasil jika tidak disupport serta mendapatkan dukungan dan peran serta semua lapisan masyarakat yang bijak dalam mengelolah dan memanfaatkan sampah yang ada.

Pemerintah Daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup terus berupaya meningkatkan pelayanan pada masyarakat terkait pengolahan sampah. Namun pengolahan sampah tidak dapat terselesaikan tanpa peran serta semua lapisan masyarakat, selain itu keterbatasan dalam pengolahan sampah ini sendiri terkait sarana dan prasarana, meskipun demikian kita optimis masyarakat kita akan bijak dalam memperlakukan sampah dengan tidak membuang sampah sembarangan, ujarnya.

Pantauan Biro media ini, dalam acara memperingati hari peduli sampah nasional (HPSN) di pasar rakyat terminal, muara aman tersebut, dilakukan pula penanaman pohon untuk penghijauan kota Lobong yand dihadiri diantaranya Bupati Lebong, Kopli Ansori, Wabup Drs.fahrurrozi, M.Pd, Kapolres Lebong, Pabung TNI 0409, ketua Pengadilan Agama, Plt.kadis DLHK diwakili oleh Kabid pengolahan sampah dan limbah B3, Sekda, Plt. kadis DLH, OPD camat, lurah/kades, maupun pihak-pihak lainnya.(21)

You may also like

Leave a Comment