Cegah Radikalisme, 60 Penyuluh Agama Diberikan Penguatan

by redaksi redaksi
0 comment

Curup, Kawalnews.com – Kementrian Agama Kabupaten Rejang Lebong menggelar Penguatan Moderasi Beragama terhadap 60 orang penyuluh agama yang ada di seluruh kecamatan di Rejang Lebong Selasa (9/8/2022) di aula salah satu hotel di Kota Curup. Kepala Kemenag Rejang Lebong Dr. Nopian Gustari mengatakan, salah satu tujuan penguatan moderasi beragama ini untuk mencegah adanya pemikiran maupun perbuatan yang mengarah pada radikalisme.

RADIKAL

“Kita hari ini mengadakan penguatan moderasi beragama kepada 60 anggota penyuluh agama islam dilingkungan Kementrian Agama. Outputnya nanti untuk mereka diantaranya agar tidak muncul pandangan, pemikiran dan tindakan terkait radikalisme,” kata Nopian.

Selain itu, para penyuluh agama islam ini diharapkan juga memiliki wawasan yang luas, moderat dan tidak alergi terhadap agama lain. Sehingga bisa melaksanakan tugasnya fengan baik dan diterima oleh masyarakat. Karena tugas dari penyuluh agama islam adalah untuk memberikan pemahaman dan pencerahan kepada masyarakat, agar tidak menyimpang dari agama dan juga dari nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara.

Guna mencapai apa yang diinginkan tersebut Kemenag Rejang Lebong menghadirkan pemateri dari Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Bengkulu dan UIN Fatmawati. “Selain saya pematerinya ada Plh Kakanwil Kemenag Bengkulu yakni Kasubag Tata Usaha, kemudian dari UIN Fatmawati yang semunya sudah memiliki sertifikat untuk memberikan materi dalam penguatan moderasi beragama ini,” pungkasnya.

RADIKAL

Sementara itu, Kasubag Tata Usaha Kanwil Kemenag Bengkulu H. Hamdani berharap para peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan khidmat sampai akhir acara. “Salah satu materinya tentang pencegahan terhadap penyuluh agama islam agar tidak memiliki pemikiran, pengajaran dan tindakan radikalisme. Jadi agar tujuan materinya tercapai harapan saya seluruh peserta mengikuti acara ini dengan serius sampai akhir,” tutup Hamdani. (yon)

You may also like

Leave a Comment