Kapolsek Putri Hijau Pantau Langsung Kegiatan Posyandu: Peran Polri Kendalikan Kasus Stunting

by redaksi redaksi
0 comment

Bengkulu Utara, Kawalnews.com – Pengendalian dan pencegahan kasus stunting terus menjadi perhatian serius bagi seluruh pihak. Berbagai upaya secara komprehensif terus diupayakan oleh jajaran pemerintah daerah, Puskesmas bahkan aparat kepolisian untuk menekan dan mencegah kasus stunting.

Tak terkecuali bagi jajaran Mapolsek Putri Hijau. Diakui Kapolsek Putri Hijau, AKP Erwin Setiawan, SIK, MH. Dalam menekan dan mencegah kasus stunting di Kabupaten Bengkulu Utara ini pemerintah daerah sengaja melibatkan jajaran kepolisian.

Peran aparat kepolisian dalam pengendalian dan pencegahan kasus stunting, ini diharapkan mampu memberi dampak positif terhadap upaya pengendalian dan pencegahan kasus stunting di beberapa desa di wilayah hukum Mapolsek Putri Hijau yang angka kasus stuntingnya masih terbilang tinggi.

“Angka kasus stunting di wilayah hukum kita yang masih tertinggi dan membutuhkan intervensi khusus dari pihak diantaranya Desa Suka Maju yang berada di wilayah kerja Puskesmas Suka Makmur dan Desa Karang Pulau yang berada di wilayah kerja Puskesmas Karang Pulau. Sehingga wajar apa bila saat, ini di dalam setiap Posyandu yang dilakukan oleh desa dan Puskesmas ada anggota kita Bhabinkamtibmas yang ikut memantau langsung jalannya Posyandu,” ungkap Kapolsek, Senin (6/2/2023).

Ditambahkan Kapolsek, percepatan penurunan stunting salah satu program prioritas pemerintah, karena dampaknya yang berkepanjangan.

Sehingga menurut Kapolsek, pemerintah harus mulai melakukan intervensi yang berkelanjutan dalam pencegahan dan penurunan angka prevalensi stunting di sejumlah daerah.

Dan salah satu langkah konkret untuk melaksanakan pencegahan dan pengendalian kasus stunting itu adalah dengan melibatkan personil Polri.

“Stunting menimbulkan kerugian berkepanjangan bagi kualitas generasi masa depan bangsa. Dan penanganan harus dilakukan secara maksimal dengan cara memperkuat kerja sama seluruh sektor,” bebernya.

Ditegaskan Kapolsek, kehadiran anggota Polri di dalam kegiatan Posyandu yang berlangsung di desa ini akan memantau langsung jalannya penimbangan berat badan kepada Balita, pengukuran tinggi badan, vaksinasi lengkap, pemberian makanan tambahan, penyuluhan gizi pada keluarga Balita dan demo pembuatan PMT Balita.

“Polri siap mendukung pemerintah dalam mencapai target penurunan angka stunting. Dan ini lah, salah satu langkah konkret atau peran yang dapat kami laksanakan saat ini dalam menekan dan mengendalikan kasus stunting tersebut,” demikian Kapolsek.

You may also like

Leave a Comment