Bhabinkamtibmas Polsek Pino Melaksanakan Pelatihan dan Pembinaan Linmas di desa Batu Bandung 

by redaksi redaksi
0 comment

Bengkulu Selatan – Bhabinkamtibmas Polsek Pino Polres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu, Aiptu Roby Irawan.S.H., hadir dalam rangka meningkatkan kapasitas anggota Linmas, desa Batu Bandung Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan dengan  mengadakan pelatihan linmas yang  digelar pada Jumat (17/06/2023) di Balai Desa dan halaman Balai Desa Batu Bandung.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

Salah satu tugas pokok dan fungsi linmas saat penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa.

Kegiatan pelatihan Linmas desa Batu Bandung Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan dihadiri oleh Camat Pino, Bhabinkamtibmas polsek Pino, Babinsa, Kepala Desa, Ketua BPD, dan Anggota Linmas Desa Batu Bandung.

Kepala Desa Batu Bandung Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan, dalam sambutannya mengatakan bahwa indikator suksesnya pelatihan linmas adalah  meningkatnya kualitas SDM Linmas, menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis, meningkatnya kesiap-siagaan satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum dan meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat.

Camat Pino Kabupaten Bengkulu Selatan sebagai narasumber juga menyampaikan, pembinaan dan pembekalan bagi anggota Satlinmas ini juga bertujuan keamanan lingkungan serta untuk persiapan pengamanan pemilihan umum yang akan datang.

Narasumber lain yang ikut memberikan materi adalah Aiptu Robi Irawan S.H., anggota Bhabinkamtibmas Polsek Pino  sinergitas antar pemateri membuat suasana pelatihan lebih kreatif dan interaktif.

Kasi Trantib Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan juga memberi arahan Tugas Pokok dan fungsi sebagai Satlinmas Desa. “Dengan pembekalan materi teori dan praktik diharapkan mereka bisa membantu aparat keamanan untuk mengamankan jika di desa terjadi keributan pada event-event yang mengundang banyak orang sehingga pelaksanaan acara bisa berjalan aman dan lancar sesuai harapan,” ujarnya.

Kegiatan Pelatihan diakhiri dengan latihan baris berbaris bagi anggota linmas yang dipandu Aiptu Robi Irawan S.H., Bhabinkamtibmas Polsek Pino Polres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu .

You may also like

Leave a Comment