Cek Senpi Dinas, Ini Arahan Kapolsek Batiknau

by redaksi redaksi
0 comment

Bengkulu Utara – Kapolsek Batiknau Polres Bengkulu Utara Polda Bengkulu, Ipda Deni Mashuri, S.H., didampingi Kanit Provost Aiptu Panjaitan mengecek kelengkapan barang inventaris Polsek Batiknau yaitu senjata beserta amunisinya, bertempat di Mapolsek Batiknau, Senin (25/09/2023).

Kapolsek Batiknau Ipda Deni Mashuri, S.H., menyampaikan kepada anggota, untuk melakukan pengecekan barang inventaris terutama “senjata organik” untuk mengetahui senjata tersebut dalam keadaan baik lengkap dan dalam kondisi baik bisa dipakai setiap kali melaksanakan kegiatan serta mengecek kebersihannya.

“Pemeriksaan Senpi (senjata api) inventaris Polsek Batiknau dilaksanakan secara rutin dilakukan sedangkan senpi penjagaan dilaksanakan pada saat serah terima penjagaan, dari regu jaga lama diserahkan kepada regu jaga baru yang dipimpin oleh Ka SPK. Dari petugas jaga lama diserahkan kepada petugas jaga baru (Ka SPK) sebagai komandan jaga pada hari itu memeriksa dengan baik itu barang inventaris penjagaan termasuk buku mutasi, tahanan, dan senjata, yang diketahui oleh Ka SPK,” kata Kapolsek.

Selanjutnya, Ipda Deni Mashuri, S.H., menyampaikan bahwa pemeriksaan senjata api yang dilakukan pihaknya sudah menjadi rutinitas sebab anggota yang memegang senjata api saat bertugas baik itu inventaris maupun yang melekat pada personel harus berhati-hati.

“Yang kita periksa diantaranya soal kebersihan senjata, perhitungan peluru dan lainnya. Dari kegiatan seperti ini guna mengantisipasi penyalahgunaan senjata api oleh anggota,” ujar Kapolsek Batiknau Ipda Deni Mashuri, S.H.

Selain itu, Kapolsek juga memberikan arahan kepada personel baik yang jaga baru maupun jaga lama bagaimana cara pengamanan, penggunaan dan resiko penyimpangan penggunaan senpi.

“Ini merupakan suatu keharusan mengingat Senjata Api, merupakan barang Inventaris Dinas yang mesti di pelihara dengan baik dan bila di gunakan dapat berfungsi dengan baik,” kata Deni Mashuri, S.H.

Perawatan Senjata Api Dinas rutin dilakukan Polsek Batiknau sebelum pelaksanaan giat serah terima penjagaan di SPKT Polsek Batiknau dilaksanakan, diawali dengan pengecekan barang inventaris di Penjagaan

You may also like

Leave a Comment