Workshop Literasi Digital di Amcor UMM

by redaksi redaksi
0 comment
Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) dan My America, United States Consulate General Surabaya serta American Corner Universitas Muhammadiyah Malang (Amcor UMM) telah mengadakan pelatihan Kolaborasi Literasi Digital Melawan Hoaks.
Pelatihan yang berlangsung di kantor American Corner, Lantai 3 Gedung Perpustakaan Pusat UMM  Kamis (30/5/2024) tersebut merupakan bagian rangkaian kegiatan workshop yang digelar Konsulat Jenderal Amerika Serikat Surabaya di sejumlah daerah yakni Denpasar, Ambon, Surabaya, Yogyakarta, Malang, dan Makasar.
Koordinator Program Japelidi Ni Made Ras Amanda menjelaskan kegiatan tersebut merupakan kerja sama ketiga kalinya dan menjadi istimewa karena 2024 adalah tahun politik yang membutuhkan usaha lebih kuat menghadapi disinformasi dan karenanya membutuhkan kolaborasi.
Tujuan diselenggarakan event ini, tambah dia, yaitu untuk semakin memperbanyak kemunculan kegiatan kolaborasi dari berbagai kalangan yang bertujuan untuk melawan disinformasi.
Literasi Digital Malang 2024 tersebut menghadirkan empat pemateri dari Japelidi yaitu: Dr. Siswantini Yenni (Binus Jakarta), Dr. Frida Kusumastuti (Universitas Muhammadiyah Malang), Bayu Indra Pratama, M.A. (Universitas Brawijaya) dan Dimas Prakoso, M.A. (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung).
Sejumlah materi yang disampaikan dalam workshop antara lain: What is Misinformation and Disinformation, Toolkits to Combat Disinformation, Exercising Fact Checking Tools, dan How to Design Misinformation-Disinformation Program.
“Materi-materi tersebut sesuai dengan Modul yang diterbitkan Japelidi bersama My America berjudul The Alliance of Indonesian Youth, Influencers, and Journalists Against Disinformation in Indonesian Political Years.” Kata Frida Kusumastuti dosen Ilmu Komunikasi UMM. Lebih lanjut, Frida mengatakan modul tersebut bisa diunduh secara gratis melalui website resmi Japelidi di www.japelidi.id.

You may also like

Leave a Comment