Bogor, 12 Juni 2024
– Dosen program studi Pendidikan Masyarakat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor dengan topik “Pelatihan Masyarakat Sadar Wisata Dalam Implementasi Wisata Edukasi Berkelanjutan.

”Kegiatan ini dipimpin oleh Setiawan Wibowo, M.M.Par selaku ketua kegiatan, bersama Prof. Dr. Durotul Yatimah, M.Pd. yang turut menjadi narasumber. Selain itu, dua mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat yaitu Dalily Samhana Izzaty dan Imam Adji Mauludi yang juga terlibat aktif dalam pelaksanaan kegiatan ini. Pelatihan ini dilaksanakan di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Desa Sirnajaya memiliki potensi beberapa wisata, salah satu wisata unggulannya yaitu objek wisata
Agrowisata Situ Rawa Gede. Setiawan Wibowo, M.M.Par, selaku dosen yang terlibat dalam kegiatan ini menyatakan, “Pelatihan ini adalah bentuk nyata kontribusi kami kepada masyarakat, khususnya dalam mendukung peningkatan kualitas masyarakat setempat. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam pengelolaan wisata edukasi berkelanjutan, melalui digital storynomics tourism. Sehingga, masyarakat dapat mengaplikasikan keterampilan ini dalam membangun wisata edukasi berkelanjutan desa mereka.” Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Durotul Yatimah, M.Pd dengan mengangkat topik “Revitalisasi Masyarakat Sadar Wisata Desa Sirnajaya Kecamatan Sukamakmur Dalam Pengelolaan Obyek Wisata Agrowisata Situ Rawa Gede.

“Materi ini memberikanpemahaman mendalam mengenai pentingnya kesadaran wisata bagi masyarakat setempat dalam mengelola dan mengembangkan potensi wisata desa mereka. Selanjutnya, materi kedua disampaikan oleh narasumber ahli di bidang videography dan pariwisata yaitu Anggi Andriyana, M.Tr.Par berkolaborasi dengan Setiawan Wibowo, M.M.Par dengan topik “Peningkatan Kemampuan Digital Storynomics Tourism dalam Implementasi Wisata Edukasi Berkelanjutan di Desa Sirnajaya Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor.” Materi yang diangkat membahas
mengenai teknik dan strategi dalam memanfaatkan digital storynomics untuk pengembangan desa
wisata.

Pelatihan ini juga dilengkapi dengan sesi praktek langsung mengenai cara membuat digital
storynomics tourism yang efektif. Peserta diberi kesempatan untuk mempraktikkan ilmu yang
telah diperoleh di bawah bimbingan ahli yang sudah berpengalaman, sehingga mereka dapat menerapkannya secara langsung dalam mengelola wisata di Desa Sirnajaya. Dengan terlaksananya pelatihan ini, diharapkan masyarakat Desa Sirnajaya semakin sadar dalam mengelola potensi wisata yang dimiliki desa tersebut, termasuk potensi yang dimiliki Agrowisata Situ Rawa Gede.

Selain itu, masyarakat diharapkan mampu meningkatkan kemampuan digital storynomics tourism,
sehingga dapat mendukung dalam mengimplementasi wisata edukasi berkelanjutan di Desa
Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

You may also like

Leave a Comment