Mantan Wagub Bengkulu Dukung Penyesuaian Harga BBM Agar Subsidi Tepat Sasaran

by redaksi redaksi
0 comment

Kawalnews.com – Mantan Wagub Bengkulu dan juga mantan Ketua DPW Nasdem Bengkulu, H. Dedy Ermansyah SE menyambut baik rencana pemerintah melakukan penyesuaian harga BBM.

Dedy Ermansyah yang saat ini menjabat sebagai Ketua KONI Prov. Bengkulu mengungkapkan beban subsidi yang harus ditanggung oleh APBN terus membengkak dan justru tidak dinikmati oleh masyarakat kurang mampu. Dengan adanya penyesuaian harga BBM, subsidi energi sebesar Rp502,4 triliun bisa dialihkan untuk alokasi anggaran dibidang lain yang lebih tepat sasaran

“Dengan adanya rencana penyesuaian harga BBM, anggaran yang dikeluarkan oleh APBN untuk subsidi energi bisa dialihkan untuk pembangunan di sektor pendidikan, kesehatan dan infrastruktur lainnya yang manfaatnya bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat kurang mampu” Jelasnya.

Sebelumnya dalam konferensi pers Tindak Lanjut Hasil Rakor Kemenko Perekonomian terkait kebijakan subsidi BBM di Jakarta, Mentri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa penyesuaian harga BBM dilakukan dengan tujuan untuk memaksimalkan peran APBN dalam memberikan manfaat kepada masyarakat melalui kebijakan yang tepat sasaran.

“Anggaran subsidi energi sebenarnya bisa dipakai untuk membiayai begitu banyak pembangunan yang lebih bermanfaat bagi masyarakat luas dan tepat sasaran. Selain itu, dalam rangka menjaga daya beli masyarakat, Pemerintah akan segera menyalurkan Bantalan Sosial sebesar Rp24,17 triliun yang dibagi ke dalam 3 jenis bantuan, yaitu Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), kemudian Bantuan Subsidi Upah kepada 16 juta pekerja dengan gaji maksimum Rp 3,5 juta per bulan, dan Bantuan dari Pemerintah Daerah sebesar 2 persen dari Dana Transfer Umum.” Tandasnya.

You may also like

Leave a Comment