Bhabinkamtibmas Sumber Jaya Mediasi perselisihan Warganya Secara Kekeluargaan

by redaksi redaksi
0 comment

Bengkulu – Sebagai upaya menciptakan Kamtibmas yang kondusif dan membantu memecahkan masalah kejahatan dan sosial masyarakat di wilayah Kelurahan Binaannya, Personel Bhabinkamtibmas Polresta Bengkulu Polda Bengkulu selalu sigap menanggapi Laporan warga.

Hal ini juga dilaksanakan Bhabinkamtibmas Kelurahan Sumber Jaya Polsek Kampung Melayu Polresta Bengkulu Bripka Niko Permana, S.H., terkait permasalahan warga kelurahan binaannya.

Bhabinkamtibmas bersama perangkat RT dan tokoh masyarakat Kelurahan Sumber Jaya Mediasi permasalahan Pencurian Ikan Kering.

Bertempat di Rumah F (24) warga Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu, Bhabinkamtibmas mempertemukan kedua belah pihak yang berselisih paham akibat permasalahan Pencurian Ikan Asin, untuk menyelesaikan secara kekeluargaan. Jumat (14/04/23) pukul 21.00 WIB.

Adapun kronolgis kejadian berawal pada hari Jumat (14/04/2023) sekira jam 13.00 WIB pelaku inisial F (24) mengambil ikan Kkering di warung milik korban (ibu Riha) yang berlokasi di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kawasan Pelabuhan Pulau Baai Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu.

Korban dan pelaku saling mengenal dan korban marah karena mengetahui pelaku mengambil ikan kering tanpa seizinnya.Sehingga terjadi selisih paham yang melibatkan keluarga kedua belah pihak.

Salah satu warga kemudian menghubungi Bhabinkamtibmas Kelurahan Sumber Jaya
Bripka Niko Permana, S.H., melaporkan permasalahan tersebut.

Bripka Niko Permana, S.H., kemudian menuju TKP dan meminta kedua belah pihak untuk menahan diri serta menyampaikan agar permasalahan tersebut diselesaikan secara kekeluargaan dengan diketahui Ketua RT setempat.

“Alhamdulilah kedua belah pihak menerima Imbauan agar menyelesaikan dengan kepala dingin dan akan menyelesaikan dengan musyawarah mufakat di rumah pelaku F (24),” ucap Bhabinkamtibmas Kelurahan Sumber.

Malamnya dilaksanakan Mediasi dan kedua belah pihak bersepakat dengan membuat Surat Pernyataan diketahui Ketua RT di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu.

Kedua belah pihak sangat berterimakasih kepada Bhabinkamtibmas yang memfasilitasi untuk Memediasi kesalahpahaman dengan cara kekeluargaan.

Dikonfirmasi Kapolresta Kombes. Pol Aris Sulistyono, S.H., M.H., melalui Kapolsek Kampung Melayu mengatakan, Giat Problem Solving dengan memediasi permasalahan oleh Bhabinkamtibmas Sumber Jaya adalah dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif di wilayahnya, ini adalah wujud nyata kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat, ” tegas AKP Rahmat S.H., M.H.

You may also like

Leave a Comment