Bhabinkamtibmas Hadiri Giat Sosialisasi Peternakan Ketahanan Pangan di Balai Desa Terulung

by redaksi redaksi
0 comment

Bengkulu Selatan, – Polsek Manna Polres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu, mengahdiri sosialisasi peternakan dalam rangka ketahanan pangan desa Terulung, bertempat di Balai Desa Terulung Kecamatan Manna Bengkulu Selatan, Rabu (24/05/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Perternakan ,Kades dan Perangkat desa, Pendamping Desa ,Kapolsek Manna diwakili Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas serta para undangan atau Masyarakat Desa Terulung Kecamatan Manna Bengkulu Selatan.

Penggunaan Dana Desa tahun 2023 untuk ketahanan pangan perlu dilakukan melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat agar masyarakat desa memiliki kemampuan yang cukup dalam memenuhi kebutuhan pangan di desa secara mandiri.

Dana Desa diharapkan mampu mendukung kegiatan dari mulai produksi, penyediaan lahan dan infrastruktur penunjang, pengolahan dan pemasaran.

Strategi penguatan ketahanan pangan harus berawal dari kebutuhan masyarakat/pasar. Semua harus bersinergi agar dapat terwujud pola kolaborasi hulu dan hilir.  Penggunaan dana Desa untuk ketahanan pangan perlu dipastikan berjalan dengan efektif. Jadikan desa sebagai lumbung pangan maka kemandirian pangan nasional dapat tercapai.

Pembentukan kelompok peternak untuk pengajuan bantuan program ketahanan pangan desa. Melaksanakan koordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan bilamana terdapat gejala penyakit hewan yang menimpa ternak.

Pembentukan kelompok peternak untuk pengajuan bantuan program ketahanan pangan desa. Melaksanakan koordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan bilamana terdapat gejala penyakit hewan yang menimpa ternak.

Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Florentus Situngkir, S.I.K., melalui Kapolsek Manna Iptu Hendra Yanto, S.Sos, M.H., mengatakan selain dituntut selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk menciptakan rasa aman dan memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan permasalahan yang ada didesa binaannya.

Bhabinkamtibmas juga ikut mendukung ketahanan pangan dengan Turut hadir dalam pembagian bibit tanaman pekarangan, kegiatan tersebut dalam rangka mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan Nasional yang digerakkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Bhabinkamtibmas juga ikut mendukung ketahanan pangan dengan Turut hadir dalam pembagian bibit tanaman pekarangan, kegiatan tersebut dalam rangka mendukung program pemerintah terkait ketahanan,” ujarnya.

“Kegiatan sambang yang juga dalam rangka memberikan rasa aman bagi Masyarakat merupakan upaya preemtif Polri mencegah tangkal potensi gangguan mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif” tambahnya.

Kegiatan sambang kamtibmas merupakan salah satu kegiatan rutin dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu.

You may also like

Leave a Comment