5 Pilar Keselamatan di Bengkulu Selatan Rapat Bersama Untuk Keselamatan Lalulintas

by redaksi redaksi
0 comment

Bengkulu Selatan,  – Keselamatan masyarakat dalam berkendara dan berlalu lintas menjadi perhatian penuh bagi para pemangku kepentingan di Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu.

Sebagai salah satu pemangku kepentingan dan termasuk bagian dalam Pilar Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, PT Jasa Raharja menginisiasi rapat Forum Komunikasi Keselamatan Lalu Lintas Kabupaten Bengkulu Selatan pada hari  Kamis (26/07/23)  di Aula kantor Dishub Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.

Rapat tersebut dihadiri berbagai instansi yang memangku kepentingan tersebut, antara lain Dinas Perhubungan, Polres Bengkulu Selatan, Jasa Raharja , dan instansi lainnya yang bertanggung jawab untuk mengupayakan peningkatan keselamatan dan kenyamanan masyarakat Bengkulu Selatan dalam berkendara dan menggunakan transportasi umum.

Dalam rapat tersebut disepakati program-program dan langkah-langkah strategis untuk menekan angka kecelakaan

Ditempat terpisah Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Florentus Situngkir, S.I.K., melalui Kasat Lantas AKP B.A.S Sinaga. S.Sos., mengatakan angka kasus kecelakaan dan korban jiwa tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2023. Kendati demikian, upaya menekan jatuhnya korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas harus terus dilaksanakan melalui penguatan 5 pilar keselamatan berlalu lintas yakni Manajemen Keselamatan Jalan, jalan yang Berkeselamatan, kendaraan yang Berkeselamatan, Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan dan Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan.

Lebih lanjut Kasat lantas menjelaskan bahwa kecelakaan yang terjadi lebih disebabkan oleh kelalaian pengendara.

“Sekarang bisa kita lihat bahwa banyak sekali pengendara bermotor yang lalai dalam berkendaraan, mulai dari tidak memakai helm sesuai standar, ngebut-ngebutan dijalanan, serta tidak mematuhi rambu-rambu yang ada dijalan,” ucapnya.

“Dengan hal tersebut, Kami berharap dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut , akan berdampak kepada pengurangan angka resiko kecelakaan yang ada di Bengkulu Selatan. Saya berharap terciptanya kerjasama yang lebih baik lagi diantara 5 pilar tersebut, dan memberikan sosialisasi melalui media ataupun langsung ke masyarakat, sehingga apa yang menjadi tujuan kita bersama dapat tercapai”, Harapnya.

“Pelaksanaan 5 pilar program dekade aksi keselamatan lalu lintas dan jalan terus kita gelorakan , dan mohon  dukungan seluruh elemen masyarakat untuk dapat peduli terhadap keselamatan lalu lintas dan jalan,” pungkasnya.

You may also like

Leave a Comment