Peduli Kelestarian Lingkungan, Polresta Bengkulu Tanam 5000 Batang Pohon Dalam Menyambut HUT RI ke 78

by redaksi redaksi
0 comment

Bengkulu – Wujud kepedulian Polri dalam melestarikan lingkungan digelorakan Mabes Polri ke Jajaran Polda dan Polres se-Indonesia. Hal ini diwujudkan dengan penanaman pohon secara serentak dengan mengangkat tema ‘Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini’.

Polresta Bengkulu Polda Bengkulu berpartisipai mensukseskan kegiatan Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini, dengan menggelar Penanaman Mangrove yang dipusatkan di Jl Pelabuhan Pulau Baai Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu, Rabu pagi (23/8/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Karorena Polda Bengkulu Kombes Pol Widaryanto, Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Bengkulu Ny. Evy Agus Salim, Dir Narkoba Polda Bengkulu Kombes Pol Roh Hadi, S.I.K, Kabid Kum Polda Bengkulu AKBP Pambudi, S.I.K, Kabid TIK Polda Bengkulu Kombes Pol Alfaris Pattiwael, S.H, S.I.K dan Wadir Pol Air Polda Bengkulu AKBP Andi Dady, S.I.K.

Kegiatan juga dihadiri unsur Forkopimda Kota Bengkulu, perwakilan KSOP Kelas III Pulau Baai Bengkulu, perwakilan Basarnas Kota Bengkulu, para Camat Kampung Melayu beserta para Lurah Jajaran Kec. Kampung Melayu, awak media serta para tamu undangan yang berjumlah -/+ 100 orang.

Diawali pada pukul 07.00 WIB, para tamu undangan yang hadir melaksanakan Vicon secara serentak yang dipimpin oleh Kapolri yang diikuti oleh seluruh Jajaran Polda dan Polres se-Indonesia.

Pelaksanaan kegiatan penanaman serentak ini juga dihadiri oleh Presiden RI yang juga melaksanakan penanaman di Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kepala Kepolisian se-Asean.

Kemudian rangkaian acara inti, yakni Doa, Sambutan Kapolresta Bengkulu, Sambutan Wawali Kota Bengkulu, Penyerahan bibit secara simbolis dari Karorena Polda Bengkulu didampingi Kapolresta Bengkulu kepada Wawali Kota Bengkulu dilanjutkan Penanaman Bibit Mangrove dan Foto Bersama serta Ramah Tamah.

Dalam sambutannya Kapolresta Bengkulu mengatakan, kegiatan penanaman pohon secara serentak ini merupakan gerakan sosial yang di inisiasi oleh Bapak Kapolri sebagai wujud kepedulian Polri dalam menjaga keberlangsungan kehidupan, menjaga ekosistem, menghasilkan oksigen, dan mereduksi dampak perubahan iklim sekaligus dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI.

” Kegiatan ini dilaksanakan secara sinergi dan berkesinambungan. Di lokasi Pelabuhan Pulau Baai kita akan tanam 2000 bibit Tanaman Bakau dan merupakan lokasi yang sama dengan penanaman oleh rekan TNI. Selain itu ada 3000 bibit juga akan ditanam di seluruh Kecamatan Kota Bengkulu yaitu alpukat 600 batang, kayu bawang 600 batang, nangka 600 batang, durian 600 batang dan pinang 600 batang, ” tutur Kombes Pol Aris Sulistyono, S.H., M.H.

Sementara Wakil Walikota Bengkulu mengucapkan terimakasih kepada jajaran Polri khususnya Polda Bengkulu yang telah melaksanakan kegiatan tersebut. Polri tidak hanya memberikan rasa aman tapi polri juga peduli terhadap lingkungan. Ini adalah sebagai triger dan momentum bagi seluruh pengambil kebijakan dan elemen masyarakat untuk bersama-sama berkontribusi di tengah perubahan iklim global.

Acara inti ditandai dengan Penyerahan Bibit Secara Simbolis dari Karorena Polda Bengkulu didampingi Kapolresta Bengkulu dan para tamu undangan melaksanakan penanaman pohon mangrove diikuti penanaman oleh personel Polda Bengkulu, Polresta Bengkulu dan Personel Polsek Kampung Melayu dan KSKP Pulau Baai.

You may also like

Leave a Comment