Jakarta – Program Studi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta (Prodi S3 PEP UNJ) melaksanakan Kegiatan PKM kepada guru di SMA Nurul Iman Islamic Boarding School – Parung Kab. Bogor pada tanggal 6 – 7 Juni 2024.

Mengacu pada renstra Universitas Negeri Jakarta dan Pascasarjana, maka Yayasan Al-Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Parung Kabupaten Bogor Propinsi Jawa Barat merupakan wilayah yang sudah dijadikan sebagai wilayah binaan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Kegiatan yang dilaksanakan civitas akademika Program Studi S3 PEP UNJ adalah upaya peningkatan profesionalisme guru SMA. Untuk itu sebagai upaya untuk keberlanjutan program, maka civitas akademika Program Studi S3 PEP UNJ akan melanjutkan kegiatan dalam rangka meningkatkan profesinalisme guru, yang salah satunya adalah kompetensi pedagogik.

Prof. Dr. Anan Sutisna, M.Pd. selaku kaprodi S3 PEP UNJ dan tim memberikan pendampingan pengembangan instrumen ujian adaptive untuk meningkatkan professional guru SMA Nurul Iman Islamic Boarding School – Parung Kab. Bogor.

Pendampingan diberikan oleh tim dosen prodi S3 PEP UNJ yaitu Prof. Dr. Anan Sutisna, M.Pd., Prof. Dr. Awaluddin Tjalla, M.Pd., Prof. Dr. Iva Sarifah, M.Pd., Dr. Riyadi, M.T., dan Dr. Achmad Ridwan, M.Si serta dibantu oleh 2 mahasiswa S3 PEP UNJ yaitu Lisa Dwi Ningtyas dan Ema Noviah, serta admin prodi S3 PEP UNJ yaitu Anisa.

Pendampingan dilakukan mengenai bagaimana mengembangkan instrumen penilaian sesuai kurikulum merdeka. Hal ini dilakukan mengingat peranan instrumen penilaian adaptif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Pengambilan materi pendampingan didasarkan pada peranan dari materi tersebut yang dirasakan sangat penting di dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum 2013. Dengan pengembangan instrumen penilaian adaptif dalam pembelajaran, maka diharapkan dapat membantu guru dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian yang menjadi tanggung jawabnya.

Pada pendampingan pengembangan instrumen penilaian adaptif, setiap peserta dibimbing untuk dapat mengembangkan instrumen penilaian adaptif dalam pembelajaran sehingga mampu menghasilkan instrumen penilaian adaptif yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran.

Melalui pengembangan instrumen penilaian adaptive dalam pembelajaran diharapkan guru mampu melaksanakan penilaian sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian sehingga mampu menghasilkan hasil penilaian yang dapat digunakan untuk membuat laporan perkembangan kompetensi peserta didik secara akurat.

You may also like

Leave a Comment