Kapolres Bengkulu Selatan Hadiri Tradisi Nujuh Likur di Lapangan Sekundang Setungguan Manna

by redaksi redaksi
0 comment

Bengkulu Selatan – Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Juda Trisno Tampubolon, S.H., S.I.K., M.H., turut hadir dalam Tradisi nujuh likur di bulan Ramadan, dilapangan Sekundang Setungguan Manna Bengkulu Selatan, Selasa ( 18/4/23).

Tradisi nujuh likur di bulan Ramadan ini merupakan tradisi di Kabupaten Bengkulu Selatan  sejak masa lalu. Tradisi ini sudah turun temurun dari masyarakat melayu dengan menyalakan lampu yang kemudian ditempatkan di sekitar masjid, di berbagai penjuru jalan, halaman rumah dan teras rumah penduduk.

Kegiatan dibuka oleh Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi S.E., M.M., dan dihadiri oleh Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Juda T. Tampubolon, S.H., S.I.K., M.H., Dandim 0408 BSK Letkol Inf. Aswin Suladi SE, M.Ak, Ketua DPRD Bengkulu Selatan Barli Halim, S.E, Kajari Bengkulu Selatan Hendri Hanafi, S.H.,M.H., Sekda Kabupaten Bengkulu Selatan Sukarni, S.P, MS.i, Asisten 1 Isran Asiri, S.I.P, M.Si, Ketua NU Drs. H. Muhemin M.Pd dan Para Ka.OPD Kabupaten Bengkulu Selatan serta Camat.

Dalam Sambutan Bupati Bengkulu Selatan menjelaskan, acara malam Tujuh Likur dan Tarawih Bersama Ramadhan 1444 H/2023 di Kabupaten Bengkulu  yang dimaksud di sini adalah sebuah tradisi masyarakat islam Indonesia dalam meramaikan bulan Ramadan dengan cara menyalakan damar malam, lampu cangkok/colok, tepatnya di malam ganjil di sepertiga terakhir di bulan Ramadan

Acara Malam Tujuh Likur dan Tarawih Bersama Ramadhan 1444 H/2023 di Kabupaten Bengkulu Selatan dilaksanakan pada setiap memasuki bulan suci Ramadhan, banyak tradisi yang dilakukan masyarakat Melayu dalam rangka menyambut dan memeriahkan bulan suci Ramadhan, sebagai tanda syukur dan bergembira atas datangnya bulan penuh berkah.

Setelah Acara sambutan dilanjutkan dengan membawa obor dan membakar kayu bakar lanjaran/ tempurung kelapa sebanyak 200 lanjaran (sayak dalam istilah masyarakat Bengkulu Selatan).

Pada kesempatan tersebut Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Juda Trisno Tampubolon, turut menyalakan obor sebagai tanda perayaan nujuh likur.

You may also like

Leave a Comment