Bhabinkamtibmas Polsek Seginim Hadiri Penyaluran Program Ketahanan Pangan di Balai Desa Suka Bandung

by redaksi redaksi
0 comment

Bengkulu Selatan, – Polsek Seginim   Polres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu, hadir melalui Bhabinkamtibmas Briptu Moh. Ansori saat penyaluran ketahanan pangan desa Suka Bandung Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan, pada Jumat (14/07/23).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di   Balai Desa Suka Bandung kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan dengan dihadiri Camat Air Nipis di Wakili Kasi Kesra Idiyus Sumardin S.T, Kades Suka Bandung Asiun, Bhabinkamtibmas Briptu Mohammad Ansyori, Babinsa Serma Syamsudin dan Pendamping Desa serta Ketua BPD Suka Bandung dan masyarakat penerima sebanyak 110 KPM.

Adapun rincian ketahanan pangan yang disalurkan yaitu
Pupuk Urea : 5.500 Kg / Per Kk 50 Kg Pupuk NPK : 550 Kg / Per Kk 5 Kg
Pupuk NPK Crop Fast : 220 Saset / Per Kk 2 Saset
Racun 200 ml : 110 botol
Bibit Perkarangan : 2.750 Bibit / Per Kk 25 Bibit.

Penggunaan Dana Desa tahun 2023 untuk ketahanan pangan perlu dilakukan melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat agar masyarakat desa memiliki kemampuan yang cukup dalam memenuhi kebutuhan pangan di desa secara mandiri.

Dana Desa diharapkan mampu mendukung kegiatan dari mulai produksi, penyediaan lahan dan infrastruktur penunjang, pengolahan dan pemasaran

Strategi penguatan ketahanan pangan harus berawal dari kebutuhan masyarakat/pasar. Semua harus bersinergi agar dapat terwujud pola kolaborasi hulu dan hilir.

Penggunaan dana Desa untuk ketahanan pangan perlu dipastikan berjalan dengan efektif. Jadikan desa sebagai lumbung pangan maka kemandirian pangan nasional dapat tercapai.
Melaksanakan koordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan bilamana terdapat gejala penyakit hewan yang menimpa ternak bebek.

Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Florentus Situngkir, S.I.K., melalui Kapolsek Seginim Iptu Priyanto, S.H., mengatakan “selain dituntut selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk menciptakan rasa aman dan memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan permasalahan yang ada didesa binaannya juga dituntut selalu hadir ditengah-tengah Masyarakat untuk menciptakan rasa aman dan memudahkan Masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan permasalahan yang ada didesa binaannya,” ujarnya.

Bhabinkamtibmas juga ikut mendukung ketahanan pangan dengan turut hadir dalam kegiatan tersebut dalam rangka mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan Nasional yang digerakkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Selain dituntut selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk menciptakan rasa aman dan memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan permasalahan yang ada didesa binaannya, Bhabinkamtibmas juga ikut mendukung ketahanan pangan dengan Turut hadir, kegiatan tersebut dalam rangka mendukung program pemerintah terkait ketahanan,” pungkas Kapolsek Seginim.

You may also like

Leave a Comment