Bupati Mukomuko Himbau Kades Untuk Buat Laporan Realisasi DD

by redaksi redaksi
0 comment

Mukomuko,Kawalnews.com~ Kepala Desa (Kades) di seluruh Kabupaten Mukomuko diminta dan dihimbau untuk membuat laporan terkait perealisasian Dana Desa (DD).

Himbauan ini dikeluarkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko Gianto, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 46 tahun 2016.

“Tentang laporan kepala desa Kami harapkan kepada bapak Camat dan juga Kasi Pemerintahan di Kecamatan, agar dapat menginformasikan, syukur-syukur memberikan pencerahan terhadap Kepala Desa kiranya untuk segera menyusun laporan pemerintahan desa akhir tahun anggaran,” Ungkapnya, Selasa (28/1).

Selain itu, juga diminta untuk segera membuat laporan penyelenggaraan pemerintahan desa akhir masa jabatan kepala desa serta laporan keterangan penyelenggaraan pemerintahan desa IPPID yang disampaikan kepada Bupati Mukomuko Choirul Huda melalui Kepala DPMD Kabupaten Mukomuko.

Karena, APBDes ini sudah berakhir, yakni pada tanggal 31 Desember 2019 lalu, maka diingatkan kembali kepada Kepala Desa yang berkewajiban untuk menyusun laporan-laporan yang terkait dengan penyelenggaraan APBDes.

Serta, juga yang berkaitan dengan laporan akhir masa jabatan Kepala Desa.

“Kami harapkan, ini dapat segera disampaikan yaitu pada bulan Maret 2020, kami minta kami menerima laporan tersebut di akhir Februari 2020, akhir Februari sudah bisa kami terima, sehingga pada bulan Maret nanti itu sudah bisa kita cek,” Sambung Gianto.

Kemudian, beliau juga menekankan kembali agar para Camat dan Kasi Pemerintahan di Kecamatan untuk segera menginformasikan kepada Kepala Desa agar menyampaikan kembali kepada panitia pemilihan BPD yang sudah melaksanakan pemilihan BPD atau pengisian BPD untuk segera menyampaikan laporan hasil pemilihan BPD.

“Seperti calon terpilih, paing lama tujuh hari setelah pilihan dari panitia kepada Kepala Desa, dan Kepala Desa menyampaikan kepada Bupati melalui Camat, ini juga satu minggu waktunya, sehingga kalau berkas ini nanti cepat sampai ke DPMD, kami akan segera tindaklanjuti untuk proses selanjutnya ya itu yang berkaitan dengan SK pengangkatan dan persiapan pelantikan,” Tandasnya. 

(Prianto/AMBO)

You may also like

Leave a Comment