Laksanakan Reses, DPRD Kota Bengkulu Diminta Lestarikan Kesenian Sarafal Annam

by redaksi redaksi
0 comment

Kawalnews.com – Peduli kesenian daerah, anggota Remaja Islam Masjid (Risma) Al-Mukhlisin Kelurahan Panorama Kota Bengkulu minta kesenian sarafal annam dilestarikan.

Permintaan anggota Risma Al-Mukhlisin ini disampaikan saat Anggota DPRD Kota Bengkulu dari fraksi Partai Gerindra, Nuzuludin, melaksanakan reses di halaman masjid Al-Mukhlisin Kelurahan Panorama Kota Bengkulu pada Minggu malam (22/11).

“Saya ingin menyampaikan aspirasi terkait kesenian pak, kesenian ini sudah kita ketahui bersama mengenai sarafal annam, mungkin masyarakat tetua kita sudah tau, kesenian ini belum ada generasi penerusnya, dari itu kami ingin bersama-sama merangkul kawula muda untuk sama-sama melestarikan budaya ini,” Kata Rio Megiansyah, anggota Risma Al-Mukhlisin Kelurahan Panorama Kota Bengkulu saat menyampaikan aspirasinya.

Rio juga meminta agar penerus kesenian sarafal annam ini bisa diberikan pembina yang bisa selalu meluangkan waktu serta mensupport kesenian ini.

“Kami juga meminta diberikan pembina yang selalu bisa melatih dan mensupport penuh terhadap kesenian ini,” Tambahnya.

Disamping itu juga, Rio juga meminta kepada politisi Gerindra ini agar bisa mensosialisasikan kepada masyarakat luas akan adanya kesenian sarafal annam ini dan mengenalkan bahwa kesenian ini adalah kesenian khas suku Lembak.

“Satu lagi pak, kami minta kepada bapak untuk mensosialisasikan kesenian ini kepada masyarakat luas diluar sana, agar orang tahu bahwa kesenian sarafal annam ini adalah khas suku lembak,” Pungkasnya.

Menanggapi permintaan anggota Risma ini, Nuzuludin mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat yang masih peduli akan kesenian sarafal annam, namun beliau juga menyampaikan bahwa kesenian Sarafal Annam ini sudah dipatenkan menjadi Kesenian Non Benda masyarakat Kabupaten Kaur.

Akan tetapi, dibalik semua itu, beliau menyatakan siap untuk bergabung dengan klub Bezikir Merapi sebagai bukti bahwa beliau bangga dan mensupport kesenian ini bisa dilestarikan, meskipun sudah resmi menjadi warisan tak benda masyarakat Kabupaten Kaur.

Untuk itu, beliau berjanji akan mengusulkan untuk membangun tugu Bezikir di simpang empat Panorama, sebagai wujud nyata bahwa masyarakat suku Lembak cinta Sarafal Annam.

“Saya salah satu orang yang bangga akan kesenian Sarafal Annam, jadi insyaallah minggu depan, saya akan bergabung dengan klub Bezikir Merapi, kebetulan di Dewan banyak Lembak, saya sudah diskusi dengan kawan-kawan dan kita sepakat bahwa simpang Panorama kita buat tugu Bezikir,” Imbuhnya. (Adv/Ambo/GJ)

You may also like

Leave a Comment