kawalnews.com – Launcing Kantor Pelayanan Satu Pintu (PTSP) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu diresmikan langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) Lukman Hakim Saifuddin di Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Jumat (28/9/2018).

Dihadiri oleh Sekda Provinsi  Nopian Andusti, Bustasar Kepala Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Rektor IAIN Bengkulu dan Rektor IAIN Curup dan seluruh staf Dinas Kementerian Agama Provinsi Bengkulu.

Dalam pidatonya Lukman mengatakan Kementerian Agama RI menargetkan pembangunan merata untuk Sentra Pelayanan Terpadu Satu Pintu PTSP diKantor Wilayah Kementerian Agama diseluruh Indonesia pada November 2018 mendatang.

“November mendatang seluruh provinsi harus sudah memiliki PTSP yang sama. Alhamdulillah hari ini kita resmikan PTSP di Kemenag Bengkulu. Harapan saya, semua kabupaten/kota di seluruh Bengkulu akan memiliki PTSP yang sama,” ungkapnya

Pembentukan PTSP ini merupakan upaya Kementerian Agama RI agar masyarakat sebagai umat beragama mendapat pelayanan yang semakin mudah dan semakin cepat.

“Masyarakat semakin mudah mengakses tidak hanya informasi, tetapi juga berbagai pelayanan yang mereka harapkan dan butuhkan. PTSP ini adalah upaya Kemenag RI dalam mendekatkan pelayanan di tengah-tengah masyarakat,” terangnya.

PTSP Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu yang ke-11 di Indonesia. Sebelumnya sudah ada 10 PTSP yang telah di bangun pada Kanwil Kemenag beberapa Provinsi lainnya. Nantinya, PTSP akan dibangun di 34 provinsi se-Indonesia.

Lukman mengakui masyarakat Indonesia semakin dinamis, Masyarakat semakin memerlukan pelayanan cepat, transparan dan akuntabel.

“Pengalaman masa lalu, untuk mengurus satu perizinan harus melalui beberapa meja. Lalu, kemudian setiap meja harus menyiapkan amplop-amplop tidak jelas. Itu menimbulkan fitnah luar biasa secara langsung maupun tidak langsung yang mengganggu keikhlasan kita dalam melayani masyarakat. Itu harus kita jadikan sebagai masa lalu,” tandasnya.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Bengkulu Drs.H.Bustasar MS,M.Pd  mengatakan bahwa pihaknya berterimahkasih kepada  Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin beserta rombongan yang menghadiri langsung Launching PTPS ini.

“Kami sangat berterima kasih sebab Bapak Menteri sudah sempat datang ke Bengkulu.dan kami harap usai Lauching Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTPS) ini dapat berguna,bermanfaat dan menjadi pelayanan yang terbaik dan bermanfaat untuk melayani Masyarakat yang ada di Provinsi Bengkulu.”ujar Bustasar.

“Dan saya pun mengucapkan terimakasih banyak kepada tamu undangan yang hadir dalam launching ini kepada Sekda Provinsi Bengkulu Novian Andusti yang mewakili Plt Gubernur, Kepada Rektor IAIN Bengkulu, Rektor IAIN Curup dan seluruh Pegawai Dinas Kementerian Agama Provinsi Bengkulu yang telah berkerja keras dalam menyusun acara lauching ini.”sampainya.

Sentra Pelayanan Terpadu Satu Pintu PTSP merupakan upaya transformasi pelayanan publik guna mewujudkan Kementerian Agama sebagai instansi yang bersih melayani, sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo terkait reformasi birokrasi. PTSP disiapkan sebagai ruang publik yang akan mengurus beragam pengajuan perizinan,  informasi seputar bantuan dan beasiswa, termasuk layanan aduan masyarakat. (fw)

 

 

 

You may also like

Leave a Comment