Dibuka Presiden Jokowi, Kapolres Bengkulu Utara Hadiri Puncak Penanaman Mangrove Nasional

by redaksi redaksi
0 comment

Bengkulu Utara – Sebagai wujud sinergitas TNI – Polri dan Pemerintah bersama masyarakat melakukan penanaman pohon Mangrove di Desa Pasar Sebelat Kec. Putri Hijau Kab. Bengkulu Utara

Kegiatan penanaman pohon Mangrove tersebut di laksanakan oleh Dandim 0423 B/U di wakili Kasdim Mayor Chp, ABU HASAN. S, Kapolres Bengkulu Utara AKBP ANDY PRAMUDYA WARDANA, S.I.K, M.M, serta FKPD dan seluruh elemen masyarakat kabupaten Bengkulu Utara yang dilaksanakan secara serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia, Senin (15/5/2023).

Sebanyak 1.000 pohon mangrove di tanam bersama sama dalam kegiatan penanaman pohon Mangrove tersebut, diharapkan dengan kegiatan penanaman pohon Mangrove ini dapat mengembalikan fungsi dan manfaat hutan mangrove baik secara fisik, ekologi, hingga nilai ekonomis bagi warga sekitar.

Puncak penanaman bibit tanaman mangrove dibuka langsung melalui Vicon (Video Conferensi) oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo yang berpusat di Lokasi Pantai Indah Kapuk DKI Jakarta.

Kapolres Bengkulu Utara AKBP ANDY PRAMUDYA WARDANA, S.I.K, M.M mengatakan bahwa “Polres Bengkulu Utara bersama Kodim 0423 B/U melaksanakan kegiatan Sinergitas TNI – Polri dengan bersama sama menanam bibit pohon Mangrove di Desa Pasar Sebelat Kec. Putri Hijau Kab. Bengkulu Utara.”

Lebih lanjut Kapolres Bengkulu Utara menambahkan hutan mangrove menjadi sumber daya alam yang sudah jelas bisa menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat.

Selain itu, manfaat hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang nyaman, hingga mencegah bencana alam.

Oleh sebab itu, penanaman pohon mangrove sangat penting sebagai penjaga pantai dari abrasi dan juga manfaat hutan mangrove untuk mencegah naiknya air laut ke daratan, mencegah erosi, hingga abrasi pantai.

Pelestarian mangrove diperlukan untuk menjaga keberlangsungan ekosistem laut.

Selain itu dengan adanya hutan mangrove dapat mencegah terjadinya bencana saat ada gelombang pasang air laut.

Pelestarian alam hutan mangrove dapat dilakukan dengan cara menanam pohon mangrove dipesisir pantai seperti yang dilakukan saat ini.

Dengan adanya kegiatan penanaman mangrove ini masyarakat diharapkan ikut serta dalam menjaga ekosistem mangrove di kawasan pesisir pantai.

You may also like

Leave a Comment