Dorong Terciptanya Pilkada Damai 2024, DPD IMM Bengkulu Gelar Dialog Kebangsaaan dan Deklarasi Pilkada Damai

by redaksi redaksi
0 comment

Bengkulu, Kawalnews.com – Mendukung pelaksanaan Pilkada 2024 yang aman damai dan kondusif, DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bengkulu menggelar kegiatan dialog kebangsaan dan Deklarasi Pilkada damai 2024 yang berlangsung di Aula BPSDM, Sabtu- Minggu (08 -09 Juni 2024).

Kegiatan yang dipandu oleh Sdr. Chessar yang menghadirkan Sekjen DPP IMM Bengkulu, Pengurus Fokal Bengkulu, Pengrus DPD IMM Bengkulu, Pengurus Pemuda Muhammadiyah Bengkulu, perwakilan Intelkam Polda Bengkulu dan Polresta Bengkulu.

Ketua IMM terpilih Sdr. Kelvin Aldo dalam sambutannya berharap agar berbagai elemen masyarakat secara bersama sama mengawal dan menjaga situasi Pilkada 2024 di Provinsi Bengkulu dapat berjalan dengan aman, damai dan kondusif.

Adapun kegiatan Dialog Kebangsaan dan Deklarasi Pilkada Damai Tahun 2024 yang digelar saat ini merupakan kegiatan kolaboratif dalam upaya mendorong wilayah Provinsi Bengkulu semakin damai selama Pilkada 2024.

“Semua pihak ikut berperan karena untuk mewujudkan Pilkada yang damai tidak bisa digantungkan hanya pada pihak penyelenggara pemilu dan pemerintah daerah saja. Namun, semua pihak harus dapat mengambil perannya masing-masing yang kemudian secara bersama-sama mewujudkan wilayah Bengkulu ini aman dan damai saat berlangsungnya Pilkada tahun 2024,” ucap Kelvin.

Di akhir dialog, disimpulkan bahwa esensi Pilkada yaitu proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa, dan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa berkaitan dengan seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia. Sehingga diharapkan peserta Pilkada dapat melaksanakan kampanye secara produktif dengan mengedepankan kearifan lokal dan budaya tanpa melakukan politik uang, politisasi SARA, penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian.

Sementara, Kelvin selaku Ketua DPD IMM Bengkulu juga berharap agar pemerintah dan masyarakat mampu menjaga kondusifitas Pemilu 2024. Sebab sejatinya tugas menciptakan kenyamanan dan keamanan negara adalah tugas bersama.

Puncak acara adalah deklarasi bersama yang diumumkan oleh para peserta untuk memastikan pelaksanaan Pilkada yang damai, berintegritas, dan mencerminkan semangat kebangsaan. Keberadaan IMM dalam acara ini memberikan tambahan nilai spiritual dan etika dalam mendukung proses demokrasi. Adapun isi poin dalam deklarasi Pemilu damai tersebut sebagai berikut:

1. DPD IMM Bengkulu siap mendukung situasi yang aman, damai dan kodusif pada Pilkada 2024.

2. Mengajak seluruh masyarakat Bengkulu untuk bersama-sama menyambut Pilkada 2024 dengan riang gembira aman damai

3. Meminta kepada seluruh masyarakat Bengkulu untuk bersama menjaga persatuan bangsa tanpa adanya perpecahan

4. Kami dari DPD IMM Bengkulu menolak dengan tegas adanya Sara, Ujaran Kebencian dan Hoax yang dapat memecah belah Persatuan dan Kesatuan

Kelvin Aldo selaku Ketua DPD IMM Bengkulu juga mengatakan “Kedudukan pancasila begitu strategis sebagai dasar negara pemersatu bangsa maka dari itu pancasila harus senantiasa di pertahan oleh para generasi muda melalu revitalisasi dan aktualisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan Pilkada ini hanya semangat ajang 5 tahun sekali , maka dari itu hindari perpecahan antar sesama masyarakat dan bisa menghadirkan Pilkada yang aman damai dan bermartabat.

You may also like

Leave a Comment