Pemkab Bengkulu Utara Launching Batik Karya Lokal

by redaksi redaksi
0 comment

Kawalnews.com – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara Melaunching Batik Khas Bengkulu Utara yang digelar di Halaman Kantor Bupati BU. Jum’at, (27/12/2019) .

Pada acara launching, Bupati Bengkulu Utara Ir.H.Mian memperkenalkan sejumlah jenis atau motif kain batik. Batik-batik tersebut dengan memiliki motif unik yang melambangkan kebesaran budaya di Bengkulu Utara.

Kain batik tersebut memiliki corak tulisan kaganga merupakan kearifan lokal di kabupaten Bengkulu Utara dengan mengangkat nilai-nilai luhur keluarga besar rejang yang memang posisinya di Kabupaten Bengkulu Utara dengan filosofi tulisan kaganga.

Juga dikolaborasikan dengan kearifan lokal alam yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara pulau terluar “Enggano” terbentuklah Batik Kagano (Kacamata Enggano) dengan motif burung Pleci menyimbolkan satu-satunya endemik yang ada di Enggano begitu juga dengan motif batik Ular dari Enggano. Serta dikolaborasikan pula dengan simbol Kota Arga Makmur diangkat dengan motif simbol Tugu Amanah dan Motif Batik Batu Permata “Red Rafflesia”.

“Semua terkolaborasi dalam Batik Kagano kita akan sosialisasikan agar dapat dikenal oleh masyarakat di Bengkulu Utara maupun di masyarakat luas,”jelasnya. (Ca/AMBO)

You may also like

Leave a Comment